Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi terhadap
penerapan kode etik akuntan berdasarkan perbedaan gender dan tingkat pendidikan. Data yang
di gunakan pada penelitian ini merupakan data primer yang di peroleh melalui survei dengan
memberikan kuesioner secara langsung kepada 83 mahasiswa Akuntansi Universitas Gadjah
Mada. Analisis yang di gunakan adalah uji beda dengan independen sample t-test untuk
menguji hipotesis yang di ajukan. Penelitian ini menemukan bukti bahwa terdapat perbedaan
signifikan berdasarkan gender terkait persepsi mahasiswa akuntansi terhadap kode etik
akuntan, wanita terbukti memiliki persepsi etis yang lebih tinggi dibanding pria. Sedangkan di
lihat dari strata pendidikan persepsi mahasiswa terkait etika profesi akuntan tidak terdapat
perbedaan yang signifikan, temuan ini mengindikasikan bahwa tingkat pendidikan yang lebih
tinggi bukan merupakan jaminan seseorang telah memiliki penalaran etis yang lebih baik, dan
sebaliknya.
Kata Kunci : Kode Etik Akuntan, Gender, Tingkat Pendidikan, Persepsi Etis |